Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Dalam Proses Asuransi Mobil Bekas

Bagi anda yang belum mempunyai dana yang cukup untuk membeli mobil baru maka biasanya membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang tepat. Perlu anda ketahui bahwa mobil bekas memang mempunyai perbedaan perlakuan dibandingkan dengan mobil baru. Sebab untuk mobil baru biasanya masih memiliki garansi dari dealer untuk servis berkala.

Sedangkan mobil bekas sudah tidak mempunyai jaminan servis dari dealer sehingga membutuhkan perawatan, perhatian serta perlindungan khusus. Bagi anda yang berencana ingin membeli mobil bekas maka sebaiknya pertimbangkan pula untuk menggunakan asuransi mobil bekas.

Tentunya akan ada keuntungan dengan menggunakan asuransi tersebut terutama memberikan perlindungan yang lebih pada mobil bekas yang anda miliki.

Untuk anda yang masih pemula dan belum berpengalaman menggunakan asuransi untuk mobil bekas sebaiknya perlu lebih berhati-hati. Selain itu anda juga perlu memperhatikan beberapa berikut ini agar memudahkan proses pengajuan asuransi mobil bekas yang anda miliki.

  1. Harga pertanggungan mobil serta umur mobil memberikan pengaruh yang besar terhadap rate asuransi. Sebab semakin mahal harga sebuah mobil bekas dan usianya yang semakin tua maka rate asuransinya juga akan semakin murah. Perlu anda ketahui bahwa premi asuransi mobil bekas dengan mobil baru ternyata tidak berbeda. Baik dalam kondisi baru maupun bekas tidak menjadi pertimbangan dalam penetapan angka premi asuransi mobil tersebut.
  2. Dalam penetapan harga pasar mobil bekas dari pihak perusahaan asuransi dilakukan berdasarkan situasi harga pasar mobil yang sedang berlaku pada wilayah setempat untuk saat ini. Dengan demikian besarnya premi maupun pertanggungan akan lebih adil dan sesuai dengan kondisi mobil bekas tersebut.
  3. Pada asuransi mobil bekas, untuk polis asuransinya tidak bisa dipindahtangankan. Bila anda berencana ingin menjual mobil bekas anda tersebut maka silahkan segera melaporkan pada pihak perusahaan asuransi. Pelaporan tersebut bertujuan agar asuransi anda segera dibatalkan polisnya serta melakukan pengembalian premi jika selama menjadi nasabah asuransi anda belum pernah mengajukan klaim untuk mobil bekas anda.
  4. Untuk memperoleh premi sesuai anggaran bulanan anda maka di dalam program asuransi terdapat istilah over insured serta under insured. Dimana kedua istilah tersebut mempunyai pengertian bahwa kendaraan anda yang diajukan asuransi dengan nilai pertanggungan di atas harga pasar dengan tujuan supaya anda bisa memperoleh nilai pertanggungan yang lebih besar atau over insured. Bisa juga diajukan dengan nilai pertanggungan di bawah harga pasar atau disebut dengan under insured dengan tujuan untuk memperoleh premi yang lebih murah namun konsekuensinya nilai pertanggungan mobil bekas tersebut menjadi lebih kecil.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai hal-hal yang perlu anda ketahui dalam beli asuransi mobil bekas.

Bagi anda yang ingin mencoba mengajukan asuransi untuk mobil bekas maka sebaiknya silakan ketahui hal-hal di atas. Dengan begitu maka proses pengajuan asuransi untuk mobil bekas bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan anda.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close